Sabtu, 07 April 2012

ILMU NAHWU



1.       Kalimat adalah lafadz yang sudah mempunyai arti namun belum berfaedah dengan sempurna contohnya  كتاب
2.       Kalimat itu ada tiga, yaitu (1. Kalimat isim, 2. Kalimat fiil, 3. Kalimat huruf)
a.         Kalimat isim adalah kata benda /nama barang, contohnya بيت    البيت
b.         kalimat fiil adalah kata kerja /nama pekerjaan, contohnya جلس  يجلس  اجلس
c.          Rounded Rectangle: macam-macam kalimatkalimat huruf adalah  kata sambung, contohnya, huruf jer  فى عن علي
3.       Kalimat isim itu ada enam, yaitu (1.isim mufrod, 2. Isim tasniyah, 3. Isim jamak mudzakar salim, 4. Isim jamak mu’anas salim, 5. Isim jamak taksir, 6. Asmaul khomsah)
a.         Isim mufrod adalah isim yang asli yang mempunyai arti satu, contohnya صالح  صالحا  صالح
b.         Isim tasniyah adalah  isim yang mempunyai arti dua dengan tambahan alif, nun ketika  rofak, ya’, nun  ketika nasob dan jer   صالحان    صالحين     
c.          Isim jamak mudzakar salim  adalah  isim yang mempunyai arti orang laki-laki banyak dengan tambahan wawu, nun  ketika rofak, ya’, nun ketika nasob dan jer         صالحون    صالحين
d.         Isim jamak mu’anas salim   adalah  isim yang mempunyai arti perempuan banyak dengan tambahan alif dan ta’           صالحات    صالحات    
e.         Isim jamak taksir  adalah  isim yang mempunyai arti banyak yang berubah dari aslinya    صالح -     صلحاء       
f.          Asmaul khomsah adalah isim –isim yang lima     اب  اخ  حم  فو ذو contohnya  جاء ابوك  جاء اخوك
4.       Kalimat fiil itu ada  tiga, yaitu 1. fiil maadhi 2. Fiil mudhorik, 3. Fiil amar
a.       Fiil madhi adalah kata kerja yang disertai dengan waktu yang telah lewat, contohnya جلس
b.      Fiil mudhorik adalah kata kerja yang disertai waktu sedang atau akan dikerjakan, dan harus dimulai dengan salah satu huruf mudhoro’ah ( ا  ن  ي   ت) contohnya نجلس    يجلس   تجلس   اجلس
c.       Fiil amar adalah kata kerja yang menunjukkan arti perintah, contohnya  اجلس
5.       Kalimat huruf itu bisa masuk pada tiga tempat
a.       Bisa masuk pada kalimat fiil dan kalimat isim, contohnya huruf istifham  هل يقوم زيد.؟ هل زيد قائم.؟
b.      Hanya bisa masuk pada kalimat isim, contohnya huruf jer  مررت بزيد  
c.       Hanya bisa masuk pada kalimat fiil, contohnya amil nasob  lan لن تنالواالبر
6.       Tanda-tanda kalimat isim itu ada empat, yaitu
a.       Rounded Rectangle: Tanda-tanda kalimatTanwin, contohnya, زيد   بيت , كتاب
b.      Al, contohnya المسجد , الكتاب , الرجل 
c.       Nenerima hukum jer, contohnya كتاب زيد, كتاب الرجل
d.      Dimasuki huruf jer, contohnya فى المسجد , فى البيت
7.       Tanda-tanda kalimat fiil itu ada  enam, yaitu
a.       Dimasuki قد  contohnya قد قامت الصلاة  , kalimat fiilnya adalah قامت   tanda fiilnya adalah قد
b.      Dimasuki  تاء تاءنيث ساكنة  contohnya  قد قامت الصلاة ,kalimat fiilnya adalah قام  tanda fiilnya adalah ت
c.       Dimasuki س  contohnya سيقول السفهاء   ,kalimat fiilnya adalah يقول  , tanda fiilnya adalah س
d.      Dimasuki  تاء فاعل /    ضمير مرفوع متاحركcontohnya نصرت  , kalimat fiilnya adalah نصر , tanda fiilnya adalah ت
e.      Dimasuki  ياء مؤنث مخاطبة  contohnya انصري  , kalimat fiilnya adalah انصر , tanda fiilnya adalah ي
f.        Dimasuki  نون التوكيد   contohnya انصرن , kalimat fiilnya adalah انصر  , tanda fiilnya adalah ن  التوكيد
8.       Tanda-tanda kalimat huruf adalah tidak menerima tanda-tanda kalimat isim dan tanda-tanda kalimat fiil, contohnya هل , فى , ان
9.       Kalimat itu ada yang mu’rob dan ada yang mabni
a.       Mu’rob adalah kalimat yang huruf akhirnya dapat berubah-ubah, contohnya صالح  صالحا  صالح      يجلس   لن يجلس  لم يجلس
b.      Mabni adalah kalimat yang huruf akhirnya tetap atau tidak berubah-ubah, contohnya هذا   نئم  فى
10.   Semua kalimat huruf itu hukumnya mabni, contohnya فى  عن على

11.    Kalimat fiil itu ada yang mu’rob dan ada yang mabni
a.       Semua fiil madhi itu hukumnya mabni
b.      Semua fiil amar itu hukumnya mabni
c.       Semua fiil mudhorik hukumnya mu’rob, kecuali jika bertemu dengan nun tauhid dan nun jamak niswah
12.   Mabninya fiil madhi itu ada tiga, yaitu
a.       Mabni fathah, jika tidak bertemu dengan dhomir marfu’ mutaharik dan wawu jamak, contohnya نصر
b.      Mabni sukun, jika bertemu dengan dhomir marfu’ mutaharik, contohnya نصرت نصرتما   نصرتم  نصر ت   نصرتما    نصرتن نصرت نصرنا
c.       Mabni dhommah, jika bertemu dengan wawu jamak, contohnya  نصروا
13.   Mabninya fiil amar itu ada empat, yaitu
a.       Mabni sukun, jika tidak bertemu dengan dhomir )   و ا  ى ن )  dan lam fiilnya tidak berupa huruf ilat (   ا ي و   ), contohnya انصر
b.      Mabni hilangnya huruf ilat, jika mu’tal akhir/akhirnya berupa huruf ilat, contohnya اغز  اخش   ارم
c.       Mabni hilangnya nun, jika bertemu dengan dhomir, contohnya انصروا   انصرا   انصري
d.      Mabni fathah, jika bertemu dengan tauhid, contohnya انصرن
14.   Fiil mudhorik itu ada tiga macam, yaitu
a.       Fiil mudhorik Shohih akhir, jika tidak bertemu dengan dhomir dan lam fiilnya tidak berupa huruf ilat, contohnya ينصر
b.      Fiil mudhorik Af’alul khomsah, jika bertemu   dengan dhomir (الف تثنيية, واو جمع, ياء مؤنث مخاطبة  ), contohnya ينصران, تنصران, ينصرون, تنصرون, تنصرين
c.       Fiil mudhorik mu’tal akhir, jika lam fiilnya berupa huruf ilat, contohnya يخشى   يغزو  يرمى  
15.   Fiil itu ada yang mabni ma’lum dan ada yang mabni majhul
a.       Fiil mabni ma’lum adalah fiil yang fa’ilnya disebutkan, contohnya نصر زيد بكرا
b.      Fiil mabni majhul adalah fiil yang failnya dibuang, contohnya نصر بكر
16.   Fiil mabni majhul jika berupa fiil madhi, maka didhommah awalnya dan dikasroh huruf sebelum akhir, contohnya نصر بكر
17.   Fiil mabni majhul jika berupa fiil mudhorik, maka didhommah awalnya dan difathah huruf sebelum akhir, contohnya ينصر بكر
18.   Fiil itu ada yang mujarrod dan ada yang mazid
a.       Mujarrod adalah fiil yang fiil madhinya terdiri dari huruf asli dan tidak ada tambahan, contohnya نصر   fa’ fiil, ain fiil dan lam fiil pada lafad  نصر  semuanya adalah huruf asli
b.      Mazid adalah fiil yang madhinya terdapat tambahan, contohnya اسلم   pada contoh lafad tersebut ada huruf tambahan yaitu hamzah
19.   Fiil itu ada yang muta’adi dan ada yang lazim
a.       Muta’adi adalah fiil yang membutuhkan fail dan maf’ul bih, contohnya نصر محمد المسلمين
b.      Lazim adalah fiil yang hanya membutuhkan fa’il dan tidak membutuhkan maf’ul bih, contohnya كرم محمد
20.   Fiil muta’adi itu ada lima, yaitu
a.       Muta’adi sebab dirinya sendiri, contohnya نصر محمد المؤمنين
b.      Muta’adi sebab dengan menambah hamzah ta’diyah, contohnya احضر الطبيب الدواء 
c.       Muta’adi sebab dengan merangkap ain fiilnya, contohnya كرم محمد  المحسنين 
d.      Muta’adi sebab dengan perantara huruf jer, contohnya  مررت بالمسلمين
e.      Muta’adi sebab dengan perantara dhorob, contohnya جلس محمد تحت الشجرة   
21.   Fiil itu bisa dilihat dari segi
a.       Mu’rob atau Mabni
b.      Ma’lum atau majhul
c.       Mujarrod atau mazid
d.      Mutaadi atau lazim


22.   Kalimat isim itu ada yang mu’rob dan ada yang mabni
a.       Mu’rob adalah kalimat yang huruf akhirnya dapat berubah-ubah, contohnya جاء زيد , رايت  زيدا , مررت بزيد
b.      Mabni adalah kalimat yang huruf akhirnya tetap atau tidak berubah-ubah, contohnya الذي هو     ,هذا ,
23.   Kalimat Isim yang mabni itu ada tiga,  yaitu isim dhomir, isim isyaroh, dan isim maushul,
24.   Kalimat isim yang mu’rob adalah selain isim dhomir, isim maushul, dan isim isyaroh,  yaitu (isim alam, isim yang memakai al, dan isim yang mudhof pada salah satu isim ma’rifat )
25.   Isim itu ada yang nakiroh dan ada yang ma’rifat
a.       Isim nakiroh  adalah isim yang menunjukkan arti umum dan belum ada ketentuannya serta patut menerima ال contohnya رجل
b.      Isim ma’rifat adalah isim yang menunjukkan arti khusus  sudah ada ketentuannya
26.   Isim ma’rifat itu ada  enam, yaitu
a.       Isim alam/nama, contohnya محمد, جاكارتا
b.      Isim dhomir, contohnya هو هما هم هي هما هن انت انتما انتم انت انتما انتن انا نحن
c.       Isim isyaroh, contohnya  هذا  هذه ذالك
d.      Isim maushul, contohnya الذى  التى  اللذان اللتان الذين
e.      Isin yang memakai  ال  contohnya الرجل, البيت
f.        Isim yang mudhof pada salah satu isim ma’rifat, contohnya غلام الرجل, غلامه
27.   Isim itu ada yang mustaq dan ada yang jamid
a. Isim mustaq adalah isim yang dibentuk dari kalimat lain, contohnya حاضر   sighotnya isim fa’il ,dibentuk dari shighot fiil madhi حضر
b. isim jamid adalah isim yang tidak dibentuk dari kalimat lain, contohnya اسد
28.   Isim jamid itu ada  dua , yaitu :
a.       Kata benda yang tidak mempunyai  kata kerja, contohnya اسد , انسان
b.      Masdar ghoiru mim dari fiil madhi 3 huruf yang mujarrod, contohnya حمدا  , نصرا, ضربا
29.   ٍSelain isim jamid disebut isim mustaq
30.   Isim mustaq itu ada  Sembilan  yaitu
a.       Masdar mim, contohnya  منصر   berwazan مفعل    
b.      Isim fail, contohnyaناصر    berwazan فاعل
c.       Isim maf’ul, contohnya  منصور  berwazan   مفعول
d.      Isim zaman, contohnyaمقعد   berwazan مفعل
e.      Isim makan, contohnya   مقعد  berwazan مفعل
f.        Isim alat, contohnya  مفتاح   berwazan مفعال
g.       Isim sifat musabahat, contohnya
h.      Isim tafdhil, contohnya احسن   berwazan افعل  dan mu’anasnya حسنى  berwazan فعلى 
i.        Isim nasab, contohnya  عرب   nasabnya عربي  dan mu’anasnya عربية
31.   Kalimat isim itu ada yang mempunyai hukum mudzakar dan ada yang mempunyai hukum muanas
a.       Tanda-tanda mu’anasnya isim itu  ada lima yaitu
1.       Mu’anas  dengan ta’  dalam lafadz, dan maknanya, contohnya فاطمة , صالحة
2.       Mu’anas dengan ta’ dalam lafadznya saja, contohnya   طلحة   tandanya  adalah nama orang laki-laki dengan memakai ta’
3.       Mu’anas dalam ma’nanya saja, contohnya مريم , زينب 
4.       Mu’anas  dengan alif mamdudah, contohnya علماء  tandanya sesudah alif ada hamzah
5.       Mu’anas  dengan alif maqsuroh, contohnya  حبلى,  مرضى
6.       Mu’anas  yang khusus menunjukkan arti perempuan, contohnya حامل
7.       Mu’anas yang menunjukkan Anggota badan yang sepasang, contohnya يد
8.       Mu’anas dengan menggunakan Kata-kata yang dinash di dalam al qur’an, contohnya شمس
b.      Tanda-tanda mudzakar adalah selain tanda-tanda mu’anas diatas, contohnya عالم , زيد, بيت



32.   Kalimat isim itu bisa di lihat dari  segi :
a.       Mufrod, atau tasniyah, atau jamak
b.      Mu’rob atau Mabni
c.       Ma’rifat atau nakiroh
d.      Mustaq atau Jamid
e.       Mudzakar atau mu’anas
33.   Jumlah adalah susunan/kumpulan dari beberapa kalimat yang membentuk sebuah pengertian yang sempurna, contohnya  الحمد للله رب العالمين , ان تنصروا الله ينصركم
34.   Jumlah itu ada dua, yaitu jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah
a.       Jumlah ismiyah adalah susunan yang terdiri dari mubtada’ + khobar + Pelengkap (kalau ada), contohnya الحمد للله رب العالمين , الصالح حاضر
b.      Jumlah fi’liyah adalah susunan yang terdiri dari fiil + fa’il + Pelengkap (kalau ada), contohnya نصر محمد المسلم العابد
35.   I’rob adalah perubahan akhir kalimat disebabkan beda-bedanya amil yang masuk/yang mengamalkan, contohnya جاء زيد ,  رايت زيدا , مررت بزيد 
36.   I’rob itu ada  empat  macam, yaitu
a.       I’rob rofa’
b.      I’rob nasob
c.       I’rob jer
d.      I’rob jazem
37.   Kalimat isim hanya bisa masuk pada tiga macam i’rob , yaitu  rofa’, nasob, dan jer, kalimat isim tidak bisa masuk pada i’rob jazem, contohnya جاء صالح, رايت صالحا, مررت بصالح
38.   Kalimat fiil hanya bisa masuk pada tiga macam i’rob, yaitu rofa’, nasob, dan jazem, kalimat fiil tidak bisa masuk pada i’rob jer, contohnya ينصر محمد المسلم العابد, لن ينصر محمد الكافر, لم ينصر محمد الكافر 
39.   Alamat i’rob rofa’ itu ada  empat, yaitu  ضمة , واو, الف, تتافيا نون) )
a.       Dhommah , menjadi alamat i’rob rofa’ bertempat pada 4 tempat, yaitu
1.       Isim mufrod, contohnya جاء زيد,   زيد قائم 
2.       Isim jamak taksir, contohnya جاء الرجال , الرجال قوامون عل النساء
3.       Isim jamak mu’anas salim, contohnya جاءت المسامات,  المسلمات صائمات
4.       Fiil mudhorik yang shohih akhir dan akhirmnya tidak bertemu dengan sesuatu, contohnya ينصر محمد المسلم
b.      Wawu,  menjadi alamat i’rob rofa’ bertempat pada 2 tempat, yaitu
1.       Jamak mudzakar salim, contohnya جاء المسلمون , المسلمون صائمون
2.       Asmaul  khomsah, contohnya جاء ابوك , ابوك حاضر
c.       Alif,  menjadi alamt i’rob rofa’ bertempat pada 1 tempat, yaitu
1.       Isim tasniyah contohnya جاء المسلمان , المسلمان صائمان
d.      Tetapnya nun,  menjadi alamat i’rob rofa’ bertempat pada 1 tempat, yaitu
1.       Af’alul khomsah contohnya المسلمان ينصران الكافر , المسلمون ينصرون الكافر , فاطمة  تنصرين ابنها
40.   Alamat i’rob nasob itu ada  lima , yaitu (fathah, kasroh, alif, ya’, dan terbuangnya nun)
a.       Fathah menjadi alamat i’rob nasob bertempata pada 3 tempat , yaitu
1.          Isim mufrod, contohnya نصر محمد عمرا , نصرت زيدا
2.          Isim jamak taksir, contohnya  ضربت  الرجال
3.          Fiil mudhorik yang mu’rob dan akhirnya tidak bertemu dengan sesuatu, contohnya
 لن يضرب  زيد الكلب
b.      Kasroh menjadi alamat i’rob nasob bertempata pada 1 tempat, yaitu
1.          Isim jamak mu’anas salaim, contohnya نصرت المسلمات 
c.       Alif, menjadi alamat i’rob nasob bertempata pada 1 tempat, yaitu
1.       Asmaul khomsah, contohnya نصرت اخاك
d.      Ya’ menjadi alamat i’rob nasob bertempata pada 2 tempat, yaitu
1.       Isim tasniyah, contohnya   نصرت المسلمين  
2.       Isim jamak mudzakar salim, contohnya   نصرت المسلمين   
e.      Terbuangnya nun menjadi alamat i’rob nasob bertempat pada 1 tempat
1.       Af’alul khomsah, contohnya المسلمان لن ينصرا الكافرين
41.   Alamat i’rob jer, itu ada tiga , yaitu (kasroh, ya’, fathah)
a.       Kasroh menjadi alamat i’rob jer bertempat pada tiga tempat, yaitu
1.       Isim mufrod yang munsorif, contohnya بسم الله الرحمان الرحيم
2.       Jamak taksir yang munsorif, contohnya ولا تجعل فى قلوبنا غلا 
3.       Jamak mu’anas salim, contohnya لله ما فى السماوات
b.      Ya’ menjadi alamat i’rob jer bertempat pada tiga tempat, yaitu
1.       Isim tasniyah, contohnya ربنا اغفر لنا ولوالدينا
2.       Jamak mudzakar salim, contohnya اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات
3.       Asmaul khomsah, contohnya مررت باخيك 
c.       Fathah menjadi alamat i’rob jer bertempat pada satu tempat, yaitu
1.       Isim ghoiru munshorif, contohnya مررت باحمد
42.   Alamat i’rob jazem, itu ada  tiga, yaitu (sukun, membuang huruf ilat, membunag nun)
a.       Sukun menjadi alamat i’rob jazem bertempat pada  satu tempat, yaitu
1.       Fiil mudhorik yang shohih akhir dan akhirnya tidak bertemu dengan sesuatu, contohnya    لم  تضرب محمدا
b.      Membuang huruf ilat menjadi alamat i’rob jazem bertempat pada satu tempat, yaitu
1.   Fiil mudhorik yang mu’tal akhir dan akhirnya tidak bertemu dengan sesuatu, contohnya         لم تغز
c.       Membuang nun menjadi alamat i’rob jazem bertempat pada satu tempat, yaitu
1.       Af’alul khomsah (fiil mudhorik yang akhirnya bertemu dengan alif tasniyah, wawu jamak atau ya’ muanas mukhotobah) contohnya لم تضربوا الكافرين
43.   Isim-isim yang dibaca rofak itu ada  tujuh, yaitu fail, naibul fail, mubtada’, khobar mubtada’, isimnya kaana waakwatuha, khobarnya inna waakwatuha, tawabi’ lilmarfu’ (yaitu athof, naat, tauhid badal)









44.   Fail adalah isim yang dirofakkan oleh  fiil mabni ma’lum, contohnya جاء زيد  
1.       Ketentuan-ketentuan dalam fa’il ada  tiga, yaitu
a.       Fail harus jatuh setelah fiil yakni fail tidak bleh mendahului fiil, contohnya حضر الاستاذ
b.      Fiilnya harus tetap mufrod meskipun failnya berupa tasniyah, atau jamak, contohnya                                الاستاذان , حضر الاساتيذ حضر
c.       Fiil dan fail harus sama-sama mudazakar atau muanasnya, contohnya جلس محمد , جلست عائسة , تجلس فاطمة  



45.   Naibul fail adalah isim yang dirofakkan oleh fiil mabni majhul, contohnya نصر زيد
1.       Ketentuan-ketentuan naibul fail itu sama dengan ketentuan yang berlaku pada fail
2.       Naibul fail itu asalnya adalah maf’ul bih, contohnya كتب تلميذ الدرس   kemudian susunannya dirubah menjadi كتب الدرس
3.       Bila fiil itu tidak mempunyai maf’ul bih, maka yang menjadi naibul fail adalah
a.      jer majrur, contohnya
b.    Dhorob, contohnya  
c.     atau masdar, contohnya
4.       Cara membuat fiil mabni majhul
a.       Jika Fiil madhi, maka didhommah huruf awalnya dan dikasroh huruf sebelum akhir, contohnya فتح
b.      Jika Fiil mudhorik, maka didhommah huruf awalnya dan difathah huruf sebelum akhir, contohnya يضرب
46.   Mubtada’ adalah isim yang wajib dibaca rofak yang sunyi dari amil lafdhi yang berada dipermukaan kalam, contohnya زيد قائم
1.       Ketentuan-ketentuan dalam mubtada’  dan khobar
a.       Mubtada’ dan khobar harus cocok dalam mufrod, tasniyah, jamak, mudzakar dan mu’anasnya, contohnya زيد قائم , زينب قائمة , المسلمان صائمون , المسلمتان صائمتان , المسلمون صائمون
b.      Mubtada’ harus berupa isim ma’rifat, tidak boleh berupa isim nakiroh, contohnya زيد قائم  kecuali jika berfaedah, contohnya رجل عاقل عندي
c.       Khobar boleh didahulukan jika khobar itu berupa jer majrur atau dhorob, contohnya        الرجل فى البيت     , عندي كتاب زيد   susunan ini disebut khobar muqoddam, mubtada’ mu’akhor
47.   Khobar adalah isim yang wajib dibaca rofak yang disandarkan pada mubtada’ untuk memberikan penjelasan pada mubtada’, contohnya زيد قائم  
a.       Khobar itu harus ikut pada mubtada’ dalam hal mudzakar dan mu’anasnya, mufrod, tasniyah dan jamaknya, contohnya زيد قائم ,  فاطمة قائمة ,  الزيدان  قائمان , الزيدون قائمون
b.      Khobar itu ada dua, yaitu khobar mufrod dan khobar ghoiru mufrod
1.       Khobar mufrod adalah khobar yang tidak berupa jumlah, contohnya المسلم جالس ,          المسلمان جالسان , المسلمون جالسون
2.       Khobar ghoiru mufrod adalah khobar yang berupa jumlah, baik jumlah ismiyah maupun fi’liyah atau sibhul jumlah baik dhorob madrub maupun jer majrur, contohnya
a.       Jumlah fi’liyah, contohnya المسلم يقول
b.      Jumlah ismiyah, contohnya المسلم كتابه القران 
c.       Sibhul jumlah jer majrur, contohnya المسلم  فى المسجد 
d.      Sibhul jumlah dhprob madrub, contohnya المسلم عندي  
48.   Isimnya كان واخواتها  adalah amil naasikh artinya amil yang merusak susunan mubtada’ khobar, contohnya كان محمد نبيا
a.       Pengamalannya adalah tarfaul isma watansibul khobar artinya merofakkan mubtada’ sebagai isimnya dan menasobkan khobar mubtada’ sebagai khobarnya, contohnya محمد نبي  kemudian kemasukan كان   menjadi  كان محمد نبيا
b.      Saudara-saudaranya  كان   adalah tiap-tiap lafadz yang beramal seperti amalnya كان , jumlahnya ada tiga belas, yaitu  كان , اضحى , ظل , بات , امسى , اصبحى , صار , ليس , فتئ , انفك , زال , برح , دام    contohnya اضحى زىد مسرورا , ظل المسلم ناجحا, بات المسلم حافضا , امسى زيد غنيا , اصبح زيد معلما , صار زيد طيبا , ليس زيد منافقا , ما فتئ زيد مطيعا , ما انفك زيد مطيعا , ما زال زيد مطيعا , ما برح زيد مطيعا , ما دمت حيا
49.   Khobarnya ان واخوتها  adalah amil nasikh atau amil yang merusak susunan mubtada’ khobar, contohnya ان الله مع الصابرين             ان الله على كل شيء قدير 
a.       Pengamalannya adalah tansibul isma watarfaul khobar artinya menasobkan mubtada’ sebagai isimnya dan merofakkan khobar mubtada’ sebagai khobarnya, contohnya  المسلم مطيع      kemudian kemasukan         ان    menjadi     المسلم مطيع   ان
b.      Saudara-saudaranya   ان   adalah tiap-tiap lafadz yang beramal seperti amalnya  ان , jumlahnya ada enam, yaitu ان , ان , كان , ليت , لعل , لكن   

c.       Faedah ان و اخواتها  adalah
1.       ان  berfaedah tauhid, yaitu memperkuat perkataan dan menghilangkan keragu-raguan, contohnya ان الله غفور رحيم  
2.       ان  berfaedah tauhid, yaitu memperkuat perkataan dan menghilangkan keragu-raguan, contohnya بلغني ان زيدا ناجح 
3.       كان  berfaedah tasbih, yaitu menyamakan sesuatu dengan lainnya, contohnya كان العلم نور 
4.       ليت  berfaedah tamanni, yaitu mengharap sesuatu yang tidak mungkin terjadinya, contohnya  ليت الشبلب يعود  
5.       لعل  berfaedah taroji, yaitu mengharap sesuatu yang mungkin terjadinya, contohnya          لعل حبيب قادم
6.       لكن  berfaedah istidrok, yaitu meneruskan perkataan untuk menghilangkan persangkaan, contohnya خليل عالم لكنه بخيل    
d.      ان   jika bertemu denganما زائدة   maka batal pengamalannya, contohnya  انما زيد قائم , انما الاعمال بالنية
50.   Tawabi’ lil marfu’ adalah isim-isim yang ikut pada isim yang dibaca rofak, itu ada empat, yaitu
a.       Naat/sifat adalah lafadz yang mengikuti pada lafadz sebelumnya yang menyempurnakan ma’na yang diikuti dengan menjelaskan salah satu sifat-sifatnya atau sifat yang berkaitan kepadanya, contohnya جاء الغلام الفاضل              جاء رجل عالم ابوه
b.      Athof  adalah lafadz yang mengikuti pada lafadz sebelumnya yang antara iya dengan lafadz yang diikuti terdapat salah satu huruf athof, contohnya جاء محمد و بكر
c.       Tauhid adalah lafadz yang mengikuti pada lafadz sebelumnya yang berfungsi untuk menguatkan pada lafadz yang diikuti serta menolak kesalahfahaman, contohnya  جاء زيد نفسه 
d.      Badal adalah lafadz yang mengikuti pada lafadz sebelumnya yang dijadikan sasaran hukum dan antara iya dengan yang diikutinya tidak terdapat perantara, contohnya جاء زيد اخوك 
 












51.   Isim –isim yang yang dibaca nasob itu ada 14, yaitu (1. Khobarnya kaana wakwatuha, 2. Isimnya inna wakwatuha, 3. Kedua Maf’ulnya dhonna waakwatuha, 4. Maf’ul bih, 5. Maful mutlaq, 6. Maf’ul liajlih, 7. Maf’ul maah, 8. Dhorob, 9. Hal, 10. Tamziz, 11. Mustasna, 12. Munada, 13. Isimnya laa linafyil jinsi, 14. Tawabik lilmansub)
52.   Khobarnya كان واخواتها    ( اضحى, ظل, بات, امسى, اصبح, صار, ليس,ما فتئ, ما انفك, ما زال, ما برح, دان ما دام) adalah amil naasikh artinya  amil yang merusak susunan mubtada’ khobar, contohnya كان محمد نبيا
a. Pengamalannya adalah tarfaul isma watansibul khobar artinya merofakkan mubtada’ sebagai isimnya dan menasobkan khobar mubtada’ sebagai khobarnya, contohnya محمد نبي  kemudian kemasukan كان   menjadi  كان محمد نبيا
b. Saudara-saudaranya  كان   adalah tiap-tiap lafadz yang beramal seperti amalnya كان , jumlahnya ada tiga belas, yaitu  كان , اضحى , ظل , بات , امسى , اصبحى , صار , ليس , فتئ , انفك , زال , برح , دام    contohnya اضحى زىد مسرورا , ظل المسلم ناجحا, بات المسلم حافضا , امسى زيد غنيا , اصبح زيد معلما , صار زيد طيبا , ليس زيد منافقا , ما فتئ زيد مطيعا , ما انفك زيد مطيعا , ما زال زيد مطيعا , ما برح زيد مطيعا , ما دمت حيا
53.   Isimnya ان واخواتها   ( ان, ليت, كان, لكن, لعل) adalah amil nasikh atau amil yang merusak susunan mubtada’ khobar, contohnya ان الله مع الصابرين             ان الله على كل شيء قدير 
Ø Pengamalannya adalah tansibul isma watarfaul khobar artinya menasobkan mubtada’ sebagai isimnya dan merofakkan khobar mubtada’ sebagai khobarnya, contohnya  المسلم مطيع      kemudian kemasukan         ان    menjadi     المسلم مطيع   ان
Ø Saudara-saudaranya   ان   adalah tiap-tiap lafadz yang beramal seperti amalnya  ان , jumlahnya ada enam, yaitu ان , ان , كان , ليت , لعل , لكن   
Ø Faedah ان و اخواتها  adalah
1.       ان  berfaedah tauhid, yaitu memperkuat perkataan dan menghilangkan keragu-raguan, contohnya ان الله غفور رحيم  
2.       ان  berfaedah tauhid, yaitu memperkuat perkataan dan menghilangkan keragu-raguan, contohnya بلغني ان زيدا ناجح 
3.       كان  berfaedah tasbih, yaitu menyamakan sesuatu dengan lainnya, contohnya كان العلم نور 
4.       ليت  berfaedah tamanni, yaitu mengharap sesuatu yang tidak mungkin terjadinya, contohnya  ليت الشبلب يعود  
5.       لعل  berfaedah taroji, yaitu mengharap sesuatu yang mungkin terjadinya, contohnya          لعل حبيب قادم
6.       لكن  berfaedah istidrok, yaitu meneruskan perkataan untuk menghilangkan persangkaan, contohnya خليل عالم لكنه بخيل    
Ø  ان  jika bertemu denganما زائدة   maka batal pengamalannya, contohnya  انما زيد قائم , انما الاعمال بالنية
54.   Kedua maf’ulnya ظن واخواتها   ( خال, حسب, زعم, رأي, وجد, علم, جعل, اتخذ) adalah amil nasikh atau amil yang merusak susunan mubtada’ khobar, contohnya ظننت زيدا قائما
Ø  Pengamalannya adalah menasobkan mubtadak untuk dijadikan sebagai maf’ul awal, dan menasobkan khobar mubtadak untuk dijadikan maf’ul kedua, contohya  ظننت الزيدين قائمين
Ø   
55.   Maf’ul bih adalah isim yang dibaca nasob yang menjadi sasaran pekerjaan/yang berfungsi sebagai objek, contohnya   ضَرَبْتُ زَيْدًا
56.   Maf’ul mutlaq adalah isim yang wajib dibaca nasob yangmenunjukkan arti pekerjaan atau peristiwa, contohnya    ضَرَبْتُ زَيْدًا ضَرْبًا
Faedahnya Maf’ul mutlaq ada 3 , yaitu
a.       Littauhid, yaitu menguatkan arti aamilnya, contohnya    ضَرَبْتُ زَيْدًا ضَرْبًا
b.      Linnauq, yaitu menerangkan macam atau keadaan aamilnya, contohnya ضَرَبْتُ زَيْدًا ضَرْبَ مُحَمَّدٍ
c.       Liladat, yaitu menerangkan hitungan atau bilangan aamilnya, contohnya  ضَرَبْتُ زَيْدًا ضَرْبَةً
57.   Maf’ul liajlih adalah masdar yang dibaca nasob yang menjelaskan sebab terjadinya pekerjaan, contohnya : جِئْتُ اِجْلاَلاً لَكَ
Syarat-syarat maful liajlih ada 2, yaitu
a.       Waktunya masdar dan aamilnya harus sama
b.      Pelakunya masdar dan aamilnya harus sama
58.   Maf’ul maah adalah isim yang dibaca nasob yang jatuh setelah wawu maiyah (wawu yang bermakna serta), contohnya مات زيد و طلوع الشمس 
59.   Dhorob adalah isim yang dibaca nasob dan menunjukkan arti keterangan waktu atau tempat yang mengandung maknanya فى  , contohnya جلست امام الاستاذ , صمت شهر رمضان
a.       Dhorob itu ada dua, yaitu
1.       Dhorob zaman adalah isim yang menunjukkan arti keterangan waktu, contohnya                           صام محمد يوم الخميس ويوم الاسنين  
2.       Dhorob makan, adalah isim yang menunjukkan arti keterangan tempat, contohnya                 فاطمة  جالسة عندنا
b.      Isim makan yang bisa dijadikan dhorob makan adalah yang khusus menunjukkan mubham yaitu (yang menunjukkan arti tempat yang tidak terbatas dan tidak tertentu)
1.       Sedangkan dhorob makan itu ada tiga, yaitu
a). Yang menunjukkan arti arah, seperti فوق , تحت , امام , خلف , وراء ,   contohnya  جلست وراء محمد
b). Yang menunjukkan arti ukuran/jarak, seperti  فرسخا , ميلا   contohnya  سرت ميلا 
c). Yang mustaq dari masdar amilnya, seperti, مقاما, مجلسا , منابا , محلا  contohnya جلس محمد مجلس والده
c.       Isim zaman itu mutlaq bisa dijadikan dhorob zaman baik yang mubham, atau yang muktas
2.       Sedangkan dhorob zaman itu ada tiga, yaitu
a). Mubham, seperti وقتا , حينا
b). Muhktas, seperti  يوم الجمعة , شهر رمضان
c). Ma’dud, seperti سنة  ,شهرا , اسبوعا
d.      Yang menasobkan dhorob itu adalah fiil atau isim yang beramal seperti fiil
60.   Hal adalah isim sifat yang dibaca nasob yang menjelaskan keadaan/tingkah laku (fail. Maf’ul bih, naibul fail dll) yang masih samar, contohnya جاء زيد راكبا   
a.       Ketentuan-ketentuan dalam hal
1.       Hal harus berupa isim nakiroh
2.       Hal harus jatuh setelah sempurnanya kalam
3.       Hal biasanya berupa isim mustaq
4.       Hal harus cocok dengan shohibul hal
b.      Ketentuan-ketentuan shohibul hal
1.       Shohibul hal harus berupa isim makrifat, boleh berupa isim nakiroh asalkan ada musawiqnya
2.        
c.       Hal itu ada yang terdiri dari
1.       Dhorob, contohnya رايت الهلال بين السحاب 
2.       Jer majrur, contohnya فخرج على نومه فى زينته 
3.       Jumlah khobariyah, contohnya  الم تر الى الذين خرجوا من ديارهم وهم الوف
61.   Tamziz adalah isim nakiroh yang dibaca nasob yang berfungsi untuk menjelaskan nisbat atau dzat suatu jenis yang masih samar, contohnya هذا خاتم ذهبا , انصب زيد عرقا
a.       Syarat-syarat tamziz
1.       Tamziz harus berupa isim nakiroh
2.       Harus jatuh setelah sempurnanya kalam
3.       Tidak boleh mendahului amilnya
b.      Dzat yang masih samar/ membutuhkan tamziz itu ada, yaitu
1.       Adat/bilangan,contohnya
2.       Ukuran, seperti timbangan, takeran, meteran, contohnya
3.       Menyerupai ukuran, contohnya
4.       Perkara yang menjadi bagian dari tamziz, contohnya
c.       Tamziz yang menjelaskan kesamaran nisbatnya jumlah itu ada tiga , yaitu
1.       Pindahan dari fail, contohnya
2.       Pindahan dari maf’ul, contohnya
3.       Pindahan dari mubtada’, contohnya
62.   Mustasna adalah mengeluarkan lafadz yang jatuh setelah illa dari hukum lafadz yang jatuh sebelumnya, contohnya قام القوم الا زيدا
63.   Munada adalah mengharap hadirnya orang yang dipanggil dengan menggunakan huruf nida’, contohnya يا زيد
64.   Isimnya لا لنفي الجنس  adalah isim nakiroh yang dibaca nasob yang jatuh setelah laa nafi, contohnya  لا رجل في الدار
65.   Tawabik lil mansub adalah isim-isim yang mengikuti pada isim yang dibaca nasob, itu ada empat, yaitu
a.       Naat/sifat, contohnya
b.      Athof, contohnya
c.       Tauhid, contohnya
d.      Badal, contohnya
66.  


 









67.   Isim-isim yang dibaca jer itu ada tiga, yaitu
a.       Dijerkan oleh huruf jer, contohnya بسم الله الرحمن الرحيم  
b.      Dijerkan sebab menjadi mudhof ileh, contohnya بسم الله الرحمن الرحيم  
c.       Dijerkan sebab mengikuti isim sebelumnya, contohnya بسم الله الرحمن الرحيم  
1.       Huruf jer adalah kalimat huruf yang beramal mengejerkan kalimat isim yang dimasukinya, contohnya
2.       Huruf jer ada 20/ dua puluh, yaitu, من , الى , عن , على , فى , ب , ل , ك,  حتى , واو القسم , تاء القسم , رب , مذ , منذ
68.   Idhofah adalah kumpulan dua isim atau lebih yang saling kuat mengkuatkan yang menimbulkan jernya isim yang kedua, contohnya   كتاب زيد    lafadz      كتابdisebut   مضاف    sedangkan lafadz   زيد  disebut مضاف اليه
a.       Isim yang kedudukannya menjadi mudhof itu harus dibuang tanwinnya, atau nunnya pada isim tasniyah dan jamak mudzakar salim, contohnya كتاب زيد ,    asalnya  كتاب زيد  (membuang tanwin), كتابا زيد  ,   asalnya كتابان زيد    (membuang nun)
b.      Mudhof ileh wajib dibaca jer, contohnya شروط الصلاة خمسة
c.       Idhofah itu ada yang menyimpan  maknanya من , فى , لام  
1.       Menyimpan maknanya من  jika mudhof ileh jenis dari mudhof, contohnya 
2.       Menyimpan maknanya فى  jika mudhof ileh menjadi  dhorobnya mudhofm contohnya
3.       Menyimpan maknanya لام  jika tidak patut mengira-girakan maknanya فى dan    من
69.   Tawabik lil majrur adalah Isim-isim yang ikut pada isim yang dibaca jer, yaitu
a.       Naat/sifat, contohnya
b.      Athof, contohnya
c.       Tauhid, contohnya
d.      Badal, contohnya  
70.   H
71.   Isim-isim yang bisa beramal seperti fiil nya
a.       Masdar, contohnya
b.      Isim fa’il contohnya
c.       Isim maf’ul, contohnya
d.      Isim sifat musabahat, contohnya
e.      Mubalaghoh isim fa’il, contohnya
f.        Isim tafdhil, contohnya
g.       Isim fiil, contohnya
72.   Amil-amil yang menasobkan fiil mudhorik
a.       Menasobkan fiil mudhorik langsung dia sendiri
b.      Menasobkan fiil mudhorik dengan menyimpan ان  yang jatuh setelahnya
73.   Amil-amil yang menjazemkan fiil
a.       Menjazemkan satu fiil
b.      Menjazemkan dua fiil
74.   kk
75.   Ll

1 komentar:

  1. Izin copas ya, syukron. Oh ya, mari saling belajar bahasa arab di http://forumbahasaarab.com

    BalasHapus