1. Level/tingkat keilmuan manusia tertinggi hanya pada level kedua, level tertinggi hanya milik allah (level pertama keduwe Allah,level kedua keduwe manusia/malaikat) sa’duwur-duwure ilmune menungso namung level kedua pada akhirnya akan sadar (subhanaka lailma lana ma alamtana) puncake agomo iku frustasi (mboh ora weruh/allahu a’lam)
2. Banyak hal-hal yang tidak diketahui oleh manusia tapi membutuhkan keimanan (mahkluk Allah yang paling dekat dengan allah adalah malaikat, tapi malaikat sendiri (janggal) dengan keputusan allah ingin menjadikan manusia sebagai penerus/pelestari didunia/tidak mengetahui apa yang dikehendaki oleh Allah (ketika allah ingin menjadikan manusia sebagai penerus kehidupan di bumi diprotes oleh malaikat, jawaban allah “sampeyan ngerta opo aku lak luweh ngerti tinimbang sampeyan/ inni a’lamu maa la ta’lamun)
3. Manusia tidak akan jauh dari desain awalnya/kodratnya/fitrohnya (desaian awal manusia jijik pada kotoran, desaian awal ayam menantang pada kotoran)
4. Zaman sekarang ini zaman yang serba perbandingan minimal dalam hal kebaikan (ibadah dalu dasarnya ya pada tengah malam /munajat/bebisik dengan Allah, kalo sekarang ada istigostah ngundang bupati,gubernur,kiyai sana, kiyai sini apa tujuannya taqurrub ilaallah…? Jangan jangan kalo nagk ada yang datang malah kecewa …! Apa ngak baik…? Ya baik timbangane ngundang inul)
5. Banyak kelakuan2 zaman sekarang yang seharusnya utama tapi ngak diutamakan, yang seharusnya tidak terlalu diutamakan justru malah diutamakan
6. Banyak aktifitas2 zaman sekarang kelihatannya penuh dengan/banyak aktifitas tapi kurang berkwalitas, dilakoni sekedare melupakan subtansi dari aktifitasnya itu sendiri, pengene oleh akeh/kabeh dikuasai sayang lali karo fokuse
7. Manusia lebih mengutamakan pada dirinya sendiri (srekel/pek menange dewe..zaid hutang atau maksiat allah kan ngak merintah malah melarang, tapi malah diterjang setelah kejadian kembali kepada siapa…? Allah…! wong allah ngak merintah enek masalah kok ngelibatno allah. Opo dongo/ngelibatno allah elek..! yo ngak elek..tinimbang …?
8. Manusia banyak salah pada logika berpikirnya/cara berpikirnya otak/paradigmanya (kalo logikanya mesum, ya apa yang dilihatnya di komentari menurut logikanya. Kalo logikanya kekuasaan ya semuanya dikembalikan pada kekuasaan)
9. Tugas kiyai/guru bagaimana menanamkan cara berfikir yang benar/baik/islami pada masyarakat
10. Ojo gambang-gampang melu ukuran/lokiga manusia (peristiwa lukman dengan anaknya ketika menunggang kuda, ngak enek benere)
11. Agomo iku ket awal kontroversi (surgo iku panase 70 kali lipat, lah kok ono ulo nang jero neroko, opo yo gak mati jare panase koyok ngono) agomo kok diakal, lek gak masuk akal wes ngak usah dijawab..wong pengeran ae ora jawab, pean paling banter lak kiayi..lek ngak dijawab wonge ngak iman,opo lek dijawab iso dadekno iman..)
12. Manungso wes ditakdir duwe sahwat, duwe sahwat polahe mangan, malaikat nantang malaikat paling elek (harut marut) yo wes gusti aku paringi sahwat, barang di weki sahwat weruh wong weduk udo deweke selingkuh..iseh mending menungso weruh bolak balik lagek selingkuh ( kabeh iku ono asal usule/hokum sebab akibat) kabeh iku wes enek itung-itungane….kabeh pean ngak korupsi mergo ngak duwe kesempatan, coba kiro-kiro lek enek kesempatan..! sopo sing jamin lek pean ngak korupsi
13. Aktifitas iku opo jare tujuane…sholat pake’ bacaan-bacaan sing aneh2 (qiro’ah sab’ah…lho tujuane ibadah opo engkek)
14. Keadaan/sing terjadi iku opo sebab utowo akibat..lek pek menange/selamet yo akibat…kenek opo pean kok kere..yo polahe wong tuo ngak sugih. Senajan ngak kerjo lek anake Suharto yo sugih….(ojo dijerok-jerokno ngak gelem ngaji)
15. Aktifitas ojo kerono saliyane Allah..mulyakno tonggo/tamu ojo kerono tonggo/tamu tapi kerono allah. Lek kerono allah masiyo tonggo ngak ngenakno ngak laopo2..wong ngak kerono tonggo (imam ahmad bin hambal tau diundang cah enom2/tonggo..barang teko omahe tibake lawange digedor..imam ahmad yo balik, terus sampek ping telu..sing ngundang yo binggung..takon karo imam ahmad..lho jenengan tak kerjai ngono kok iseh teko terus..jawabe imam ahmad. Yo ngak popo wong aku teko mergo Gusti allah/duduk menungso…!
16. (iktilafi ummati rohmat….malam yahkum hakimun biahadi madahib) kalo sudah ada keputusan dari pemerintah nikah mengikuti menurut imam syafi’I ojo aneh2 gawe madhab imam daud adhohiri /sholat menurut imam ahmad hambali katokan tok sah, menurut imam syafi’I gak sah. Aurot iku aurotikum ma baina surroh warrukbah. Babat iku antarane tuban karo suroboyo lho babat iku opo yo termasuk babat, podo masalah aurot ( komentator mengenai madhab imam syafi’I ora bener mesti selamet (luweh ati-atine) duwe utang 10.000 utowo 20.000 yo disauri 20 mesti selamet, semakin banyak jumlah yang dihalalkan kita semakin ngak was-was…
17. Pean golek bener opo golek umume../golek selamet opo pinter…?
18. Salah kata-kata atau salah penamaan akan berakibat fatal…maksud sama akibat beda (gembrot = subur/ langsing= krempeng) وعلم ادم الاسماء
19. Ngak usak ikut-ikutan ukuran orang lain, jika mengikuti ukuran-ukuran yang dibuat orang lain ngak enek benere...(kisah lukman dengan anaknya ketika berjalan-jalan dengan kuda)
20. Penilaian orang opo jare persepsi awalnya/pola pikir yang yang salah/su’udhon atau husnu dhon bagi yang tidak cocok/su’u dhon akan menganggap apapun yang dilakukan orang lain itu salah (awal dari penyakit hasud) dan sebaliknya
21. Menungso iku ciloko kejobo wong sing ngerti, wong sing ngerti yo ciloko kejobo sing ngelakoni, sing ngelakoni yo ciloko kejobo sing ikhlas, sing ikhlas yo iseh dikawatirkan. (ojo rumongso berjasa/lek ngak deweke ngak berhasil..(awal penyakit kesombongan) الا من اتي الله بقلب سليم
22. Orang yang paling objektif adalah yang dilakukan dengan ikhlas bukan karena siapa-siapa/apa-apa/hanya karena Allah. Kalo yang dilakukan itu didasari karena allah apapun penerimaan orang lain terhadapnya tidak ada urusan, wong yang dilakukan itu karena allah (imam ahmad bin hambal dikerjai oleh pemuda, diminta hadir kerumahnya, dikecewakan samapai 3 x tapi imam ahmad biasa saja, samapai yang mengerjai kebingungan, karena dasar yang dipake imam ahmad bukan karena orang tersebut, tapi karena Allah, ngak ada urusan dengan pemuda itu.)
23. Perlakukan orang lain sebagaimana kita memperlakukan pada diri kita sendiri (Kiyai punya santri yang nakal, pengurus ingin mengeluarkan, tapi kiayinya tidak) coba posisikan diri kita seandainya kita yang kiyainya bagaimana sikap kita...? bagi pengurus ngak masalah.. tapi bagi kiyai itu bermasalah.
24. Sikap kita terhadap sesuatu..kedepankan sikap kita, kita punya hak tidak terhadap sesuatu itu, jika tidak jangan di utik-utik, jangan sebaliknya daripada ada sesuatu yang tidak dipake, mending tak manfatkan (awal dari penyakit ingin memiliki sesuatu yang bukan haknya/ gosob/mencuri)
25. Pemilik sejati apa yang ada dibumi dan dilangit adalah allah, kalau ini landasan kita atas kepemilikan kita, kita tidak akan mudah terjangkit penyakit medit/bakhil (awal dari sifat dermawan/semua itu dari allah oleh allah dan untuk allah منها خلقناكم وفيها نعيدكم ومنها نخرجكم تارة اخرى
26. Kebanyakan menungso pengen dihormati tapi nagk seneng dihormati, seneng dingerteni tapi ngak seneng ngerteni (ojo saling tuntut-tuntutan, podo saling ngerumangsanono)
27. Lakon-lakonono opo sing dadi kesenangmu,opo sing dadi karepmu, neng ojo ngelanggar aturane gusti allah karo aturane masyarakat
28. Sifat kemanusiaan menunjukkan kesempuranaa syareat..nabi juga mempunyai sifat kemanusiaan.
29. Bagaimana anda berharap kompetisi berimbang kalo persoiapan/startnya tidak sama..(cina dibanding dengan orang jowo, cina anaknya lahir diinvestasikan untuknya, jowo diinvestasikan hutang..bagaimana bisa imbang) padahal al-qur’an kan mejelaskan masalah masalah faroid/tirkah sampek jlimet, padahal nalikane meninggal dunia ngak ninggal opo-opo…terus ilmu faroid kapan kanggone…?
30. Hendaknya orang-orang beriman memikirkan/ berpikir kedepan jangan sampek mempunyai keturunan yang lemah ..allah itu punya sunnah bahwa orang yang mempunyai tabungan/investasi itu lebih baik dari pada yang tidak punya / allah pun juga punya sunnah bahwa barang halal itu berbunga sebagaimana barang haram/ barang halal bias tumbuh. Cina punya 1 milyar didepositokan akan berkembang, sama santri punya 1 milyard dibelikan sapi..kiro-kiro perkembangane deposito karo sapi iku….? Jelas banteran sapi..! kehalalan itu bisa tidak kalah dengan keharaman. anake wong dholim dipikir tenan masa depanne, anake santri diterlantarke. Bayangane al Qur’an lek mati ninggalno tirkah…اذا مات ابن ادم انقطع عمله الا باثلاث صدقة جرية ولد صالح يدع له و علم ينتفع به bagaimana ingin punya anak soleh kalo ngak punya sodaqotun jariyah..apalagi ilmu yang dialaf manfaat..wong sudah kebulet ekonomi..?
31. درع مفاسد مقدم على جلب المصالح menjual tanah ditengah kota/berpotensi di beli orang dholim untuk ibadah haji iku luweh apik ngak usah haji dulu tanpa adol tanah iku, di jual ngak apa-apa kalo memang dibeli orang2 baik. Efek dampak setelah dijual harus dipertimbangkan, kalo dijual kepada orang dholim..akan dijadikan apa..? apa ngak kerusakan malah menjamur, beda kalo dibeli orang baik/mu’min..kiro-kiro dijadikan apa..kan ada pengaruh apike..!
32. Tugas kyiai itu bagaimana menciptakan polapikir masyarakat itu sehat/bener/ yang islami...?
33. Orang ngak duwe jadi tokoh masyarakat kalo tidak mempunyai 3 syarat, biilmil ulama’, wa hikmatil hukama’, wa siasatil muluk/strategi pemerintahan
34. Shohabat anshor dilem oleh allah bukan karena imannya, tapi karena menyediakan omah kanggo nabi karo shohabat/fasilitas/sarana perjuangan baru iman..(akeh anake wong seng seneng nyediakno sarana perjuangan/mushola/masjid dll seng berhasil)
35. Wong disek luweh disekno praktek, shohabat tholhah sugih2 shohabat nalikane temurun ayat لن تنالوا البر حتي تنفقوا مما تحبون langsung mikir….kiro2 kebun sing endi sing paling taksenengi, ketemu kebun bairukah, ya rosullullah kebun bairukhah niki ingkang paling kulo remenni, niki kulo paringake panjengan. Bedo jaman saiki sodaqoh malah dipilih seng paling ora disenengi, sedekah duwek yo sing receh. Lak aneh ta...!
36. Terminologi al qur’an sing di sebut setengah/semi munafik ,واذا قاموا الى الصلاة قاموا كسالا ngak pengen tergolong semi munafik yo kudu terengginas.
37. Yang menghalangi manusia untuk beriman karena cara berpikirnya, apa betul allah mengutus/menugaskan manusia sebagai mediator/utusan, karena keyakinan allah tidak tersentuh, maka tidak tersentuh oleh manusia siapa pun, ketika ada informasi bahwa nabi muhammad itu utusan bagi orang2 kufar janggal, lalu teknisnya bagaimana/kayak apa..? allah yang di alam sana kemudian harus berhubungan dengan alam manusia.
38. Disini ciri utama rosul, ulama’, wali, itu adalah ikhlas, mbelingo koyok opo lek ikhlas yo mlebu surga, sholeho koyok opo lek ngak ikhlas yo ora mlebu surga. Ihklas ini yang bisa menjawab kejanggalan tadi. Janggal opo lek nabi sholeh ngaku rosul, nabi hud ngaku rosul, nabi muhammad iku rosul, toh syareate /ajarane mung siji yoiku kon yembah marang allah, kecuali kalo nabi muhammad ngaku aku iki rosul mulane hormatono, aku iki rosul mulane golekno duwek (ora ikhlas). Kalo itu kelihatan salah karena mengatasnamakan allah tapi yang untung dia pribadi (ngak ikhlas jelas salah)
39. Menurut Imam ghozali, menemukan bahwa tuhan itu ada itu bukan prestasi islam, itu mung sekedar dasar watak manusia, agama islam iku agama fitroh (wes dadi kodrate manusia bahwa alam ini pasti ada penguasanya/yang menciptakan, lalu menamakan tuhan sebagai allah itu baru islam, kalo alam raya ini ada penciptanya itu keyakinan semua.
40. Ciri seorang nabi itu tidak menganjurkan umatnya untuk mengkultuskan dirinya, neng ajarane ayolah bertuhan/titenane nganjurno wong supoyo seneng pengeran
41. Konstitusi/Benteng tauhid انك ميت وانهم ميت /saktemene siro muhammad bakal mati, lan saktemene wong2 kufar yo bakal mati, ini salah satu gelar nabi muhammad bahwa nabi muhammad juga punya sisi kemanusiaan/sama manusia yang lain, nabi muhammad yo doyan mangan, yo turu, yo nikah podo karo menungso, ternyata sisi kemanusiaan nabi muhammad ini justru menguntungkan/mengukuhkan konstitusi tauhid, nabi didudukkan/dikentalkan sisi basyariahnya/kemanusiannya dan yang didudukkan sebagai tuhan ya allah. Secara konstitusi tauhid lebih menguntungkan kalo nabi menonjol sisi kemanusiaannya ketimbang sawangane sakral tapi menyentuh sisi sakral/level paling ekstrim (dianggap tuhan)
42. Jika nabi muhammad itu mati jelas wong dia tidak tuhan, jika nabi muhammad mati risalah nabi muhammad atas nama muhammad akan berhenti, tapi risalah nabi muhammad atas nama kebenaran/orang yembah allah tidak akan berhenti
43. Salah penamaan/kata-kata akan punya akibat yang fatal (waallama adama al asmaa)
44. setengah saking ciri-ciri ulama adalah (min ilmi rojulin ayyaquula limaa laa ya’lamu allahu a’lam)
45. ora faham itu bagian teko kodrate menungso, ngak usah digetuni nemen-nemen
46. sebuah pesona personal/pribadi itu akan gawat, akan menyebabkan orang (orang lain/dirinya sendiri) ngak ikhlas
47. kerinduan manusia akan/terhadap kebenaran/al qur’an itu normal, tanpa mensyaratkan pembawanya yang ideal, sebetulnya kebenaran tidak mengantung pada yang membawa
48. kiyai ora patek sempurno iku barokah, soale penggantine sopoae wong bakal ikhlas, lek ideal malah timbul penyakit ora ikhlas, ora koyok iko, ora koyok iko,
49. ketika nabi muhammad wafat dan kemudian pucuk pimpinan diganti abu bakar, kayak apa kecewanya kalo orang nuruti kecewa, bagaimana tidak kecewa nabi orang yang sempurna kemudian diganti orang biasa, walaupun demikian shohabat abu bakar enak aja jawabnya “aku ganteni nabi muhammad iku mung siji tok prinsipe, yoiku wong supoyo nyembah pengeran (nyebarno ajaran sing digowo kanjeng nabi), abu bakar salah lek dasare ‘ajarane nyerukno wong kudu hormat marang abu bakar, akhire abu bakar sempurno utowo ngak sempurno ngak enek masalah toh ajarane podo karo sing disebarno deneng kanjeng nabi)
50. Kita yakin bahwa allah tidak akan membuat kerusakan, tapi kita diperintah untuk meyakini (khoiri wasarrihi minaallah)
51. Menyikapi cerita-cerita mengenai kelebihan orang2 sholeh terdahulu, memang menarik dan megagumkan penuh kehebatan2 yang sukar ditandingi dengan berbagai teknologi, sekalipun demikian kelebihan-kelebihan tersebut hendaklah diambil sebagai i'tibar dan pengajaran dalam memantapkan keyakinan kita kepada Kehendak dan Kekuasaan Allah, Janganlah dijadikan pula keramat sebagai maksud atau tuju hati, demikian bukanlah yang hakiki atau keistimewaan yang sebenar-benarnya yang perlu dicari.
52. Munculnya permasalahan/persoalan itu hanya satu yaitu melakukan perkara/sesuatu yang seharusnya tidak boleh dilakukan atau sebaliknya tidak melakukan sesuatu yang seharusnya harus dilakukan
53. Seng iseh yoiku seng ora ono/seng wes disedekahno(ora ono), Nabi sijine dino pengen sarapan
Nabi “ ya Aisyah kulo pengen sarapan daging mau isuk
Aisyah/garwane Nabi” ngapunten kanjeng nabi sampun telas pun kulo bagi-bagi marang wong faqir, Nabi “ Aisyah mboten telas, geh niku wau sing dibagi-bagi seng iseh..(carane kanjeng nabi ngajari aisyah loman) cara pandang Aisyah “sisi dhohirnya”, cara pandang Nabi “sisi Bathiniyah”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar